Rabu, 21 Oktober 2015

PERBEDAAN CAMPURAN HOMOGEN DAN HETEROGEN



Kebanyakan materi di alam adalah campuran. Campuran merupakan materi yang dapat ditemui di mana-mana. Contohnya batu, laut, bahkan atmosfer. Campuran merupakan sifat fisik bukan sifat kimia. Masing-masing molekul pada campuran berada dekat satu dengan yang lainnya, tetapi struktur dasar kimianya tidak berubah ketika dicampurkan.


Campuran diklasifikasikan menjadi 2 bagian yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Campuran heterogen merupakan campuran yang komponen-komponennya masih dapat terlihat terpisah secara kasat mata. Misalnya campuran antara besi dan garam merupakan campuran heterogen. Anda dapat memisahkan besi dari garam dengan magnet. Contoh lainnya adalah kue. Masing-masing kue terdiri dari campuran dari bahan-bahan yang berbeda.





Kue merupakan campuran heterogen






Campuran homogen merupakan campuran serba sama, komponen-komponennya sudah tidak dapat dipisahkan secara kasat mata. Campuran ini disebut juga dengan larutan. Pada campuran ini semua molekul merata dalam larutannya. Contohnya larutan gula, larutan garam dapur dan lain-lain.





Larutan gula merupakan campuran homogen


Perbedaan campuran homogen dan heterogen:
Campuran heterogen merupakan campuran yang komponen-komponennya masih dapat terlihat terpisah secara kasat mata.
Campuran homogen merupakan campuran serba sama, komponen-komponennya sudah tidak dapat dipisahkan secara kasat mata. Campuran homogen disebut juga dengan larutan






Sumber : http://smpsma.com/perbedaan-campuran-homogen-dan-heterogen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar